Love Live

Waifu Today – Kousaka Honoka

Selamat datang di rubrik terbaru Idol Project yaitu “Waifu Today”. Di rubrik ini saya akan membahas point-point penting dari suatu karakter (khususnya Love Live), apakah dia cukup waifuable atau tidak. Ya sebenarnya karakter Love Live waifuable semua sih hehe. Semua hal yang ditulis adalah murni opini penulis dan bersifat hiburan semata, jadi jangan terlalu dibawa ke hati, apalagi sampai kebawa mimpi ya.

The girl who start it from the beginning. Begitulah pernyataan singkat yang menggambarkan sosok seorang Kousaka Honoka. Bila tidak ada Honoka, rasa-rasanya kita semua tidak akan pernah mengenal yang namanya Love Live Series. Honoka adalah gadis yang memulai semuanya dari awal. Honoka adalah karakter utama di anime Love Live! School Idol Project. Dia adalah murid kelas 2 dengan perawakan rambut bewarna orange dengan side ponytail dan juga matanya yang berwarna biru. Mempunyai dua orang sahabat bernama Umi dan juga Kotori. Mempunyai tekad yang kuat adalah salah satu point utama yang dimilikinya.

Mendengar sekolahnya akan ditutup karena kekurangan murid baru di setiap tahun baru ajarannya, Honoka memutar otak bagaimana cara membantu sekolahnya agar tidak ditutup. Karena Honoka sendiri sangat mencitai sekolahnya dan tidak ingin sekolahnya ditutup begitu saja. Setelah mengetahui ada salah satu sekolah yang mempunyai school idol untuk ajang promosi sekolah, dan Honoka memutuskan menonton video promosi mereka secara langsung. Akhirnya ia terinspirasi dari sebuah grup school idol tersebut yang bernama A-Rise. Honoka pun memutuskan untuk ikut membuat club school idol-nya sendiri untuk menyelamatkan sekolahnya. Dari sinilah cerita dimulai…

Lalu hal apa saja yang membuat Honoka menjadi waifuable? Mari kita bahas satu persatu.

+ Faito da yo!

Honoka adalah tipe gadis yang tidak pantang menyerah. Ya, kedengarannya klise sekali ya. Semua pemeran utama juga rata-rata pasti punya sifat pantang menyerah. Kalau dikit-dikit nyerah ya nggak pantes juga untuk disebut karakter utama hehe. Tapi serius deh, Honoka ini agak spesial.

Dia banyak sekali menghadapi hambatan dalam membetuk grup school idol-nya. Mulai dari Umi yang tidak ingin diajak menjadi idol bersama Honoka. Eli sebagai ketua osis yang terlihat sangat menentang dan mempersulit Honoka dalam membentuk club school idol. Yang paling miris tentu saat Honoka, Umi, dan Kotori tampil untuk pertama kalinya, karena pada saat itu hanya ada beberapa murid saja yang menonton, dan sebenarnya masih banyak lagi hambatan yang ia lalu. Tetapi walau begitu dia tetap semangat menghadapi setiap masalah yang dia temui.

Walaupun Honoka pernah hampir menyerah dan ingin keluar dari club, tetapi untungnya Umi datang dengan tamparan mautnya dan berhasil menyadarkan sahabatnya itu. Ini adalah momen terakhir kita melihat Honoka hampir menyerah, selebihnya dia kembali optimis dan bekerja lebih keras lagi dalam menggapai mimpinya. Ya, tekadnya kuat, sekuat cintanya terhadap school idol dan juga ke sekolahnya. Jadi bila kamu ingin meminangnya kelak, pastikanlah tekadmu juga sama besarnya dengan Honoka.

+ Orangnya energik banget

Honoka mempunyai sifat yang periang dan juga semangat. Sifat energik ini jugalah yang selalu ia bawa ketika sedang tampil di atas panggung, keceriaannya seakan menghipnotis kita akan kepawaiannya sebagai seorang leader ketika dia sedang menari dan menyanyi.

Tak hanya di panggung saja. Di aktifitas sehari-harinyapun kita bisa melihat Honoka yang selalu bersemangat dalam melakukan hal apapun, selama itu hal yang ia suka seperti tidur misalnya. Honoka juga sangat bersemangat ketika diajak bermain kemana pun itu. Ya bisa dibayangkan, ngedate sama Honoka di theme park pastinya akan menjadi aktivitas yang sangat menyenangkan karena partner-mu orangnya asyik dan juga easy going. Tapi itu artinya kamu juga harus siap dengan staminamu untuk meladeninya sepanjang hari.

+ She’s really care with her friends

Tak hanya kepada kedua sahabatnya saja, kepada semua teman-temannya pun ia sangat peduli. Sebagai seorang leader pastinya Honoka harus bisa memikul beban kelompoknya. Tak jarang ia juga harus pintar menyembunyikan kesedihannya di depan teman-temannya. Karena ia tak ingin melihat teman-temannya ikut bersedih atau merusak suasana yang ada (walaupun akhirnya nangis juga sih karena udah nggak ketahan).

Ya, Honoka adalah tipe perempuan yang peduli pada siapapun orang yang dia sayangi. Sama teman-temannya aja peduli banget, apalagi nanti pas kamu sudah berhasil mendapatkan hatinya.

+ Anak pemilik toko manisan Jepang

Orang tua Honoka bekerja sebagai penjual manisan Jepang. Kalo kamu suka dengan berbagai makanan manisan ala Jepang seperti Wagashi, itu loh salah satu olahan kue tradisional Jepang berbahan dasar kacang merah. Ada juga Dango, Mochi, Dorayaki, Namagashi, dll (Loh kok ini jadi bahas makanan?) Jadi, kalo kamu memang suka makan manisan seperti itu, maka menikahi Honoka adalah pilihan yang tepat. Kenapa? Karena ketika kamu menjadi suaminya, secara tidak langsung kamu akan mewarisi usaha keluarga Honoka, pada akhirnya kamu bisa makan manisan tersebut sepuasnya hehe.

Honoka juga suka sekali memakan roti. Selama ada kesempatan untuk makan roti dia pasti akan memakannya. Jadi, kalau kamu ingin PDKT sama honoka, cukup bawakan saja roti rasa strawberry kesukaannya. Niscaya, hatinya akan langsung luluh padamu. Tapi jangan kasih terlalu banyak ya, atau nanti kamu yang akan dimarahi oleh Umi karena membuat berat badan Honoka naik.


Sebaik-baiknya Honoka sebagai seorang leader µ’s, tentu ia tak luput dari yang namanya kekurangan. Karena sejatinya tak ada manusia yang sempurna. Lalu hal apakah saja itu?

– Cukup ceroboh dan keras kepala

Honoka adalah tipe gadis yang cukup ceroboh. Tak jarang bahkan kecerobohannya bisa mendatangkan masalah bagi kelompoknya. Seperti saat dia keasyikan tertidur di kereta dalam perjalanan menuju villa Maki, dan akhirnya dia harus terpisah dari rombongan. Di dalam Movie-nya kita juga bisa melihat dia tersesat saat mereka pergi ke New York. Honoka sempat salah masuk kereta dan membuatnya lagi-lagi harus terpisah dari rombongan. Hal inilah juga yang membuat Umi selalu marah kepadanya kalau dia berlaku ceroboh. Ini juga tak lain karena Umi sangat mengkhwatirkan sahabatnya tersebut.

Selain ceroboh, Honoka juga terkenal akan keras kepala. Keras kepala yang dimaksud adalah ketika ia punya suatu tujuan ia akan memaksakan dirinya untuk menggapai tujuan tersebut. Contohnya saat dia harusnya menggunakan waktunya untuk beristirahat karena besok akan tampil di panggung. Honoka malah pergi keluar rumah dan malah berlatih dengan melakukan jogging pada malam hari.

Keesokan harinya dia malah terkena demam dan memasakkan dirinya untuk tampil, singkat cerita karena tidak kuat menahan sakit Honoka pun jatuh pingsan di tengah-tengah pertunjukan.

Yang saya harapkan ketika kamu memutuskan untuk mendekati Honoka. Semoga kamu bisa menjadi pribadi yang siap mengingatkan dan menjaga honoka 7×24 jam. Dan semoga kamu bisa meluluhkan kepalanya yang keras itu agar ia tak lagi-lagi memaksakan dirinya dalam melakukan suatu hal.

– Nggak pinter!

Kekurangan Honoka yang lain adalah adalah dirinya tidak pintar dalam pelajaran sekolahnya. Ia sering kali meminjam catatan Kotori untuk menconteknya. Tak jarang ia juga sering kena marah oleh Umi, atau diberi hukuman oleh Nozomi berupa “washi-washi” karena malas belajar dan malah lebih mementingkan latihan.

Padahal ia tahu betul kalau nilai sekolah itu penting agar ia bisa terus ikut aktifitas club. Karena di Jepang, murid yang mengalami penurunan nilai tidak diperbolehkan ikut aktifitas club dan dilarang ikut dalam kompetisi. Kecuali jika nilai tesmu berikutnya memenuhi standar, baru kamu diperbolehkan ikut aktifitas club kembali. Jadi, kalo kamu ada waktu luang, tolong sesekali bantu dia belajar ya.

– Sonoda Umi dan Minami Kotori

Rintangan terbesarmu dalam mendekati atau meminang Honoka tentu adalah kedua sahabatnya. Umi dan Kotori sudah bersahabat dengan Honoka saat mereka masih kecil. Hubungan mereka bertiga sudah sangat erat sekali bagaikan lem. Tentu rasa-rasanya akan sulit untuk mendapatkan restu dari kedua sahabatnya ini. Karena mereka berdua juga pasti tidak rela bila sahabatnya didekati oleh seorang pria yang belum terlihat jelas kapabilitasnya.

Saran saya sih, kalau kamu mau deketin Honoka, coba baik-baikin dulu kedua sahabatnya itu, siapa tau nanti dikasih lampu hijau sama mereka hehe.


Sekian ulasan singkat saya terhadap salah satu karakter Love Live ini. Buat saya pribadi, sosok Honoka adalah seseorang yang sangat bisa diandalkan, mampu men-support teman-temannya, dia memiliki tujuan dan tekad yang kuat untuk menggapai mimpinya. Dan tau kemana kapal yang membawa teman-temannya harus berlabuh.

Ia pergi sebagai amatir lalu kembali sebagai seorang legenda berkat kerja kerasnya. Baik Honoka maupun pengisi suaranya, Nitta Emi atau yang lebih akrab dipanggil Emitsun, mereka sangat-sangat berjasa dalam perkembangan series Love Live. Sulit rasanya membayangkan Love Live tanpa Honoka dan juga Emitsun.

Walaupun kalau dilihat secara kasar Honoka tidak se-waifuable karakter yang lain apalagi dalam urusan rumah tangga, dan rasa-rasanya fansnya juga tidak sebanyak teman-temannya. Tapi bukankah memang seperti itu seorang leader?

Saya pernah membaca salah satu kutipan di internet yang mengatakan: “wajar saja kalau seorang leader itu yang suka sedikit, karena leader itu memang biasanya dihormati bukan dicintai.” Agak sulit rasanya mengharapkan Honoka dalam urusan dapur ataupun rumah tangga kelak, tetapi kalau kamu cukup sabar dan mau mengajarinya secara perlahan. Saya yakin, memilih Honoka sebagai seorang waifu bukanlah suatu pilihan yang salah.

Untuk menutup sesi postingan di rubrik terbaru ini, saya akan selalu memberikan ilustrasi yang sangat indah dari salah satu illustrator favorit saya yang memang suka sekali menggambar karakter Love Live, yaitu @Shamakho-sensei.

Chemy

Harta Tahta Tanaka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button