Love Live

Waifu Today – Minami Kotori

Akhirnya sampai juga kita di penghujung pembahasan rubrik Waifu Today untuk anggota µ’s. Dan pada postingan ini tentu saja saya akan membahas siapa lagi kalau bukan Minami Kotori, ya karena memang tinggal Kotori seorang yang tersisa. Kalau ditanya kenapa Kotori yang saya bahas terakhir, jawabannya adalah karena saya ingin menyimpan yang terbaik untuk terakhir dibahas hehe. Kenapa terbaik? Tentu saja karena Minami Kotori adalah salah satu karakter favorit penulis di µ’s.

Kotori adalah murid kelas 2 dan anak dari kepala sekolah di Otonakizaka, selain itu ia merupakan teman masa kecil dari Honoka dan juga Umi. Ia memiliki perawakan mata berwarna keemasan dan juga rambut panjang berwarna light ash brown yang sering ia ikat dengan pita hijaunya. Selain itu Kotori juga mempunyai suara yang paling nge-pitch jika dibandingkan dengan teman-temannya.

Dia juga kerap kali dipanggil dengan sebutan “chun-chun” oleh berbagai fans, yang dimana itu adalah suara burung dalam bahasa Jepang. Ya karena image Kotori memang lekat sekali dengan yang namanya anak burung, begitupun dengan arti dari namanya tersebut. Jadi untuk mengenali Kotori tentu bukan sesuatu yang sulit untuk dilakukan.

Dalam diary-nya, diceritakan bahwa Kotori suka memberi makan burung setiap pagi di dekat jendela kamarnya, yang pada akhirnya menarik perhatian burung-burung kecil untuk mengunjungi rumahnya. Rutinitas ini rasa-rasanya sudah menjadi sumber kebahagiaan tersendiri baginya sebelum berangkat ke sekolah. Kotori juga diceritakan adalah tipe orang yang tidak bisa santai sebelum semua pekerjaannya selesai. Di dalam µ’s, Kotori mempunyai peran yang cukup penting yaitu sebagai desainer sekaligus perancang kostum utama (dibantu oleh Nico). Lalu, point apa sajakah yang membuat dirinya bisa menjadi waifuable?

+ Maid legendaris dari Akihabara

Seperti yang kita tahu bahwasanya Akihabara adalah salah satu surganya maid cafe. Dan diantara maid-maid yang ada di Akihabara ada seorang maid yang sangat melegenda karena dianggap sebagai maid terbaik se-Akiharaba, dan orang yang dimaksud siapalagi kalau bukan Kotori, yang diberi julukan sebagai “Minalinsky“.

Kotori sebelumnya pernah bekerja paruh waktu sebagai seorang maid di salah satu maid cafe di Akihabara. Awalnya ia ragu bahwa pekerjaannya tersebut bisa cocok dengan dirinya. Tetapi ternyata setelah dicoba, Kotori malah keterusan dan berakhir menjadi salah satu maid terbaik karena bisa memberikan “service” yang bagus kepada para pelanggan. Awalnya ia sangat merahasiakan pekerjaannya tersebut kepada orang tua dan juga teman-temannya. Tetapi karena suatu kejadian ia tak sengaja bertemu dengan Honoka dan kawan-kawannya saat sedang mengenakan pakaian kerjanya, akhirnya rahasianya tersebut berhasil terbongkar.

Alasan kenapa Kotori ingin bekerja karena ia ingin merubah dirinya agar bisa menjadi pribadi yang lebih bisa diandalkan layaknya Honoka maupun Umi. Ya mungkin hitung-hitung sekalian cari uang tambahan, walaupun ia lahir dari keluarga yang berkecukupan tapi ia juga ingin merasakan yang namanya mencari uang. Betul-betul gadis yang mandiri. Pokoknya menjadikan Kotori sebagai waifumu gak ada ruginya deh. Siapa tau ketika sudah menikah nanti, alih-alih bekerja di maid cafe, dia malah bisa menjadi maid pribadimu di rumah.

Coba bayangkan ketika kamu pulang kerja dengan raga yang sudah lelah, ketika sampai ke rumah sudah ada Kotori tercinta menyambutmu dengan hangat, lengkap dengan seragam maid-nya, sambil merenggangkan kerah bajunya ia mencoba menggodamu, lalu berucap “Okaerinasai. Kyou wa dou? Tsukaremashita ka? Tokorode, gohan ni suru? Ofuro ni suru? Soretomo, wa-ta-shi?“.

Bayangin aja dulu, halunya belakangan.

+ Sang desainer pakaian yang handal

Tak bisa dipungkiri bahwasanya Kotori adalah desainer pakaian yang handal. Ini dikarenakan Kotori memang sudah mempunyai bakat dan juga minat soal urusan desain karena dia juga memang mempunyai hobi menjahit pakaian. Sudah banyak sekali kostum-kostum bagus milik µ’s yang sudah ia buat. Yang favorit buat saya tentu adalah kostum Snow halation yang terlihat cantik dengan elemen warna putihnya, lalu Yume no Tobira yang tampil simpel namun tetap terlihat elegan, dan tentu saja kostum terakhir mereka, Bokutachi wa Hitotsu no Hikari yang menurut saya desainnya sudah sangat sempurna untuk menemani konser terakhir mereka.

Sebenarnya Kotori sangat ingin sekali bisa mengikuti program studi yang berkaitan dengan desain kostum. Ibunya pun bahkan sudah menyiapkan sekolah khusus di luar negeri untuk tempat Kotori belajar pada saat itu. Namun karena satu-dua alasan akhirnya Kotori lebih memilih untuk tetap berada di Otonakizaka.

Kalau kamu berencana menikah dengan Kotori, nggak perlu pusing memikirkan soal membeli atau menyewa baju pengantin, karena saya yakin Kotori akan membuat gaun untuk acara pernikahannya sendiri. Hitung-hitung nanti Kotori juga bisa membuka usaha jasa desainnya sendiri, lumayan kan buat bantu-bantu pemasukan rumah tanggamu.

+ Sosok yang ramah, penyabar, dan tak lupa punya senyuman yang mampu menyejukkan hati

Kotori adalah sosok yang dikenal penyabar. Misalnya saat ia selalu memaafkan dan memberikan toleransi atas kesalahan-kesalahan kecil yang selalu Honoka lakukan dan selalu menjadi penengah antara Honoka dan juga Umi ketika mereka bertiga sedang mempermasalahkan suatu hal. Selain penyabar, Kotori juga terlihat adalah sosok yang memiliki keramahan bahkan terhadap orang baru sekalipun, terlihat saat ia ingin mengajak anak-anak dari grup idola sekolah lain, ia bisa berbicara dengan ramah dan sangat sopan kepada mereka.

Dan jangan lupakan soal senyuman miliknya yang selalu bisa menyejukkan hati para fans ketika melihatnya. Belakangan ini saya juga baru sadar kalau ketika Kotori sedang tersenyum, matanya sering kali menutup dan entah kenapa malah memberikan efek double damage ketika melihatnya. Semua aspek ini ia dapatkan ketika bekerja menjadi seorang maid. Pokoknya selama masih bisa melihat senyuman Kotori, artinya dunia ini masih baik-baik saja.

+ Pribadi yang penuh tanggung jawab

Alasan terbesar kenapa Kotori menjadi salah satu karakter favorit saya bukanlah karena ia imut, jago desain, seorang maid handal ataupun yang lainnya. Melaikan karena ada salah satu scene kecil yang menurut saya cukup heartwarming di episode ke enam, musim ke duanya.

Sewaktu Kotori, Nico, dan juga Hanayo sedang menjahit kostum untuk acara halloween. Nico merasa apa yang mereka lakukan adalah membuang-buang waktu dan hal yang sia-sia (sebenarnya Nico hanya iri oleh anggota yang lain). Lalu Kotori menjelaskan bahwa dirinya tak merasa itu ada hal yang sia-sia dan dia merasa bahwa yang dia lakukan bisa memberikan ide untuk desain kostumnya. Lalu Nico membalas dengan bilang kepada Kotori bahwa dirinya mungkin hanya terbiasa seperti itu karena memang sering melakukannya.

Sejenak Kotori menghentikan aktifitasnya dan menjelaskan kembali kepada Nico bahwa dirinya merasa mempunyai tanggung jawabnya tersendiri begitupun dengan anggota yang lain, sambil memperlihatkan rok yang sedang ia jahit yang ternyata adalah milik Nico. Ia percaya bahwasanya setiap anggota sudah mempunyai porsi dan juga tanggung jawabnya masing-masing.

Ya, dari scene pendek ini saja bisa terlihat bahwa Kotori memanglah pribadi yang penuh tanggung jawab dan juga mampu menunjukan sisi dewasanya di depan murid kelas 3 sekalipun. Bukti lain yang bisa saya berikan adalah saat Kotori diberikan tugas oleh Eli untuk menulis lirik lagu baru di episode sembilan, musim pertamanya. Walaupun awalnya Kotori marasa kesulitan membuat lirik lagu, tapi pada akhirnya berkat kegigihan dirinya dan juga bantuan dari teman-temannya, ia berhasil menyelesaikan tugasnya untuk membuat lirik dari lagu “Wonder Zone”.


Bahas kelebihan sudah, saatnya membahas kekurangan dari Kotori.

– Tidak bisa tidur tanpa bantal kesayangannya

Bagi Kotori, bantal kesayangannya yang berwarna kuning itu adalah benda terpenting dalam hidupnya. Ia tak bisa tidur bila tak ada bantal tersebut (walaupun saat training camp di musim keduanya ia pernah terlihat tidur menggunakan bantal lain sih). Sejauh apapun ia pergi, bantal tersebut wajib ia bawa. Bahkan di dalam MV Wonderful Rush, ia rela kembali ke rumah hanya untuk mengambil bantalnya yang ketinggalan. Ya, Kotori pernah hampir membuat satu penerbangan terkena delay karena sebuah bantal. Rasa-rasanya dibandingkan dirimu, ia masih lebih sayang terhadap bantal kuningnya tersebut.

– Permohonannya susah untuk ditolak

Saya sebenarnya bingung ingin memasukkan point ini ke dalam kategori kelebihan atau kekurangan. Tetapi setelah dipikir lebih jauh, menurut saya point ini masuk ke dalam kategori kekurangan. Kenapa? Karena seperti yang kita tahu bahwa Kotori sangat jago ketika memohon sesuatu kepada seseorang. Gadis yang pendirianya sekuat Umi saja bisa luluh hatinya ketika Kotori sudah mengeluarkan jurusnya yang satu ini ditambah dengan mata yang berkaca-kaca serta nada suara yang memelas.

Laki-laki manapun saya yakin nggak bisa menolak semua permohonannya walaupun permohonannya itu tidak masuk akal sekalipun. Bayangkan kalau Kotori memohon dibelikan ini-itu olehmu, karena tidak bisa menolak akhirnya kamu menurutinya, dan tahu-tahu uangmu mendadak habis karena terus-terusan menuruti permohonannya. Tapi ya nggak apa-apa juga sih, yang penting waifumu senang 😅

– Terlalu memendam permasalahannya sendiri

Kotori adalah tipe orang yang sangat memikirkan perasaan orang lain ketika ia berbicara maupun melakukan hal apapun terhadap orang di sekitarnya. Dan pada saat dihadapkan dengan keputusan yang sulit, dia tidak mau menyatakannya secara jujur karena akan takut melukai perasaan orang tersebut.

Seperti misalnya saat ia tahu bahwa ia mendapatkan tawaran untuk belajar desain di luar negeri yang sudah Ibunya persiapkan. Kotori sebenarnya ingin memberitahukan Honoka lebih awal kalau ia ingin pindah ke luar negeri, tetapi ia lebih memilih untuk memendamnya karena takut akan melukai perasaan Honoka dan juga merusak mood anggota yang lain pada saat itu dimana mereka sedang semangat-semangatnya mengikuti audisi Love Live. Yang pada akhirnya malah berujung dengan pertengkaran antara mereka berdua ketika Honoka sudah mengetahui bahwa Kotori akan pergi meninggalkannya.

Di saat akhirnya Kotori, Honoka, dan juga Umi lulus sekolah dan mengambil jalannya masing-masing. Dan di saat Kotori kebingungan dalam mencari solusi atas masalahnya karena sudah tidak ada lagi kedua temannya tersebut di sisinya. Saya berharap kamu bisa menjadi sosok pengganti kedua sahabatnya tersebut yang siap memberikan saran sekaligus menjadi penopang hidupnya. Dan tak lupa menjadi sosok yang siap membantu serta menghiburnya dikala masa-masa sulitnya.


Bisa dibilang, Kotori adalah orang yang paling banyak berkorban di dalam μ’s. Dia rela meninggalkan kesempatan besar pada hidupnya, dan tetap memilih bisa bersama Honoka dan yang lainnya agar mereka masih bisa mengikuti kompetisi Love Live pada saat itu. Di lain sisi mungkin Kotori juga berfikir bahwa mimpinya menjadi desainer pakaian bisa sedikit ia tunda, karena ada hal yang jauh lebih genting pada saat itu, yaitu melenyamatkan sekolahnya dari penutupan. Sebagai anak dari kepala sekolah, tentu tak mungkin rasanya jika dirinya tak mau ikut andil dalam memperjuangkan sekolahnya tersebut. Toh, ketika lulus dari Otonakizaka nanti, Kotori masih bisa mengambil jurusan yang berhubungan dengan desain saat masuk kuliah nanti.

Sekali lagi, memilih Kotori sebagai waifumu adalah sebuah pilihan yang tepat. Karena dia adalah sosok yang imut, mempunyai senyuman yang bisa mengalihkan duniamu, tipe perempuan yang bisa melayani suaminya dengan penuh cinta, dan yang terpenting adalah pribadi yang bertanggung jawab serta dewasa. Walaupun dibalik semua kelebihannya tersebut, tentu Kotori masih mempunyai beberapa point kekurangan. Tetapi tenang saja, karena kekurangan terbesarnya sekalipun sedikit demi sedikit mulai ia perbaiki.

Dengan mengambil pekerjaan paruh waktu dengan alasan untuk mengembangkan dirinya ke arah yang lebih baik, buat saya ini adalah sebuah langkah kecil dari dirinya untuk menunjukan kalau ia juga bisa mejadi pribadi yang bisa diandalkan, sama seperti kedua sahabatnya tersebut. Pada akhirnya, walau secara perlahan, Kotori bisa tumbuh dari seekor burung kecil menjadi seekor burung dewasa cantik yang siap terbang menuju luasnya langit di atas sana.


Demikian pembahasan saya untuk karakter terakhir di µ’s ini. Sebagai penutup saya ingin mengucapkan banyak terima kasih kepada siapapun yang sudah meluangkan waktunya untuk membaca rubrik ini. Jadi, dari kesembilan artikel yang sudah saya posting, kira-kira pembahasan waifu mana saja yang menurut kalian paling menarik? Bisa coba beri tahu saya di kolom komentar ya, dan kalau ada kritik yang ingin disampaikan juga boleh. (・8・)

Chemy

Harta Tahta Tanaka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also
Close
Back to top button